Profil Fakultas

By: Admin | Posted on: 2015-09-14 | Kunjungan : 1660

SEJARAH & VISI, MISI, TUJUAN FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ULUM JOMBANG

 

 

A. Sejarah Berdirinya Fakultas Agama Islam Unipdu Jombang

Universitas Pesantren Tinggi Darul ?Ulum disingkat Unipdu adalah Perguruan Tinggi Swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Pesantren Tinggi Darul ?Ulum (Yapetidu) Jombang, didirikan atas prakarsa KH. As?ad Umar dengan Akta Notaris No. 7 Mayuni Sofyan Hadi, SH., tanggal 5 April 2000 yang telah diubah dan ditambahi sesuai perkembangan, terakhir dengan Akta Notaris No. 59 H. Mayuni Sofyan Hadi, SH. Tanggal 24 Maret 2005. Adapun Dasar pendirian Unipdu adalah SK. MENDIKNAS RI. Nomor: 121/D/O/2001, merupakan penggabungan atau ?merjer? dari:

1. STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam) Darul Ulum, berdiri pada tahun 1987.

2. AKPER (Akademi Keperawatan) Darul Ulum, berdiri pada tahun 1991.

3. STIBA (Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing) Darul Ulum, berdiri pada tahun 1997.

4. AKBID (Akademi Kebidanan) Darul Ulum, berdiri pada tahun 2002.

5. Prodi dan fakultas baru sebagai prasyarat universitas: Prodi S1 Keperawatan, Fak. Teknik Sistem? Informasi, Fak. Ilmu Administrasi dan Fak. MIPA.

6. Pascasarjana Prodi Manajemen Pendidikan Islam, pada tahun 2003.??????????????

Kampus Utama Unipdu diresmikan oleh Wakil Presiden RI. DR. H. Hamzah Haz pada tanggal? 5 Januari 2002. Pada tahun 2015, sebagai komitmen dan pertanggungjawaban kepada masyarakat dan berbagai pihak, seluruh prodi UNIPDU telah terakreditasi institusi dengan peringkat ?B? oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Nomor 213/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2015.

Unipdu terletak ditengah-tengah Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang yang memiliki lembaga pendidikan dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi dan termasuk 10 besar pesantren di Jawa Timur dari jumlah santri menurut data Kementrian Agama. Luas lahan yang dimiliki Yapetidu adalah seluas +40 ha. Dari luas tersebut baru 10 Ha digunakan oleh Unipdu untuk kegiatan pendidikan perguruan tinggi.

Menjelang paruh usia yang ke 15 tahun, Unipdu berupaya berperan aktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berdasarkan nilai-nilai ke-Islaman. Minat masyarakat terhadap Unipdu meningkat dengan telah adanya jalinan kerja sama yang telah dibangun dengan berbagai institusi dalam rangka untuk mewujudkan kualitas yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional sehingga dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia. Proses penyelenggaraan pendidikan terhadap mahasiswa tersebut didukung oleh sejumlah program studi yang ada di Unipdu. ?

Adapun Fakultas Agama Islam (FAI) memiliki 3 (tiga) program studi, yaitu:

1. Prodi Pendidikan Agama Islam (terakreditasi B dengan nomor 030/SK/ BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013)

2. Prodi Akhwalul Al Syakhsiyah (terakreditasi B dengan nomor 014/ BAN-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011)

3. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (terakreditasi C dengan nomor 240/SK/ BAN-PT/Akred/S/VI/2014)

 

B. Visi, Misi dan Tujuan Fakultas? Agama Islam Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

1. Visi FAI Unipdu Jombang

Menjadi fakultas yang mampu menyelenggarakan pendidikan unggulan di bidang pendidikan Islam, bidang pendidikan dasar Islam, dan bidang Hukum Keluarga Islam.

2. Misi FAI Unipdu Jombang

a. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu pada jenjang S-1 di bidang pendidikan Islam, pendidikan dasar Islam dan bidang hukum keluarga Islam dengan mengacu pada nilai-nilai kepesantrenan yang berwawasan keislaman.

b. Mengembangkan kegiatan penelitian dan pengembangan teori dan praktek? pendidikan Islam,? pendidikan dasar Islam dan bidang hukum keluarga Islam.

c. Meningkatkan peran serta dalam perbaikan kualitas pendidikan masyarakat melalui pengkajian dan penerapan pendidikan Islam, pendidikan dasar Islam dan bidang hukum keluarga Islam.

3. Tujuan FAI Unipdu Jombang

a. Menyiapkan peserta didik sebagai sarjana unggulan dalam teori dan praktek pendidikan Islam, pendidikan dasar Islam dan bidang hukum keluarga Islam.

b. Menghasilkan sarjana yang mampu mengkaji dan menganalisis teori dan praktek pendidikan Islam, pendidikan dasar Islam dan bidang hukum keluarga Islam.

c. Mengembangkan, menyebarluaskan, dan menerapkan pendidikan Islam, pendidikan dasar Islam dan bidang hukum keluarga Islam guna peningkatan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya pendidikan serta kebudayaan Indonesia.

d. Menyiapkan pemimpin yang memiliki kemampuan di bidang pendidikan Islam, pendidikan dasar Islam dan bidang hukum keluarga Islam yang dapat menggerakkan umat ke arah peradaban Islam dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.