Sambutan Ka,Prodi PGMI

By: Admin | Posted on: 2014-06-09 | Kunjungan : 1049

Assalamu’alaikum warah}matullahi wa barakatuh

 

Segala puji bagi Allah Swt, pemilik hari pembalasan yang telah menciptakan kita dengan sebaik-baik bentuk, dan menjadikan kita sebagai khalifah di atas bumi untuk menjaga, merawat, mengelola, dan mendistribusikannya bagi kemaslahatan manusia dan seluruh isi semesta alam.

Shalawat dan salam kita limpahkan bagi Nabi Muhammad Saw, penutup para nabi yang telah membawa risalah besar bernama di>n al-Isla>m, untuk mengukir sejarah peradaban manusia sehingga manusia hidup mulia tanpa hina, untuk mengangkat manusia dari jurang kesesatan menuju jalan yang terang-benderang, min az-zuluma ti ila an-nur.

Selanjutnya, Prodi PGMI FAI Unipdu juga merupakan bagian dari kekayaan semesta yang harus dikelola dengan baik sehingga eksistensinya bermanfaat bagi Unipdu dan mahasiswa. Setidaknya, ada dua hal yang perlu direfleksikan dalam pengelolaan ini.

Pertama,masih adanya bangunan paradigma yang mengatakan bahwa jenjang pendidikan dasar (selanjutnya disebut pendidikan madarasah ibtidaiyah atau disingkat pendidikan MI) tidak membutuhkan perhatian dan penanganan yang serius karena pendidikan MI adalah pendidikan anak kecil. Dengan kata lain, mengajar di MI tidak perlu repot, santai saja, yang penting mengajar. Paradigma seperti ini lambat-laun bisa mengantarkan guru pada proses “pengecilan” terhadap siswa MI dengan segala hak pendidikannya. Proses “pengecilan” ini berbahaya karena akan menyebabkan lahirnya proses pengajaran yang asal-asalan, sehingga pada akhirnya bisa mereduksi makna dan tujuan pendidikan dasar itu sendiri. Inilah yang harus diatasi oleh semua pihak, khususnya Prodi PGMI, dengan cara menghadirkan paradigma baru yang lebih mencerahkan yaitu ibarat sebuah bangunan, pendidikan MI merupakan pondasi bagi bangunan proses pendidikan selanjutnya. Sudah pasti tidak bisa ditawar bahwa pondasi haruslah dibangun secara serius dengan memperhatikan betul komponen-komponen yang terkandung di dalamnya, sehingga pondasi menjadi kokoh dan kuat sebagai pilar penyangga.

Kedua, pengelolaan Prodi PGMI menjadi Prodi yang unggul dalam melahirkan lulusan yang kompeten, kompetitif, berjiwa wirausaha, dan berakhlaq mulia adalah hal yang tidak ringan. Untuk itu, dalam pengelolaan Prodi PGMI ini membutuhkan peran dan partisipasi aktif dari catur civitas akademika (dosen, karyawan, mahasiswa, dan alumni) guna tercapainya tujuan tersebut melalui tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Demikian kedua hal ini saya sampaikan semoga menjadi bahan refleksi yang berbuah aksi, berupa tindakan perbaikan terus-menerus yang bermanfaat bagi Unipdu, khususnya bagi mahasiswa PGMI. Ibarat dua sisi mata uang, kebesaran Unipdu akan berdampak pada keberhasilan mahasiswa PGMI, dan keberhasilan mahasiswa PGMI pasti turut menyumbang kebesaran nama Unipdu. Semoga Allah Swt senantiasa melimpahkan rahmat dan ridla-Nya bagi setiap upaya kebaikan kita.

Sebagai akhir kata, ada pantun untuk kita, “Mari terus berjuang, tidak perlu berpangku tangan. Melalui Unipdu Jombang, ladang ibadah kita ciptakan” 

 

Wallahu al-muwaffiq ila aqwami at-thariq

Wassala mu’alaikum warah matulla hi wa barakatuh

 

 

Jombang, 20 Mei 2014

Ketua Prodi PGMI FAI Unipdu

 

Ttd.

 

Nur Ulwiyah, M.Pd.I

NIY. 11 0101611 190