Sistem Pengelolaan FAI

By: Admin | Posted on: 2013-12-04 | Kunjungan : 1732

       Sistem Pengelolaan FAI Unipdu Jombang

 

Sistem Pengelolaan FAI dilaksanakan secara efektif dan efisien.  Perencanaan dan pengembangan program untuk 5 (lima) tahun dituangkan dalam Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Operasional (Renop) Fakultas meliputi pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian, Sumber Daya Manusia (SDM), kemahasiswaan, pendidikan, pengabdian masyarakat, perpustakaan, budaya akademik, dan sarana prasarana serta pembiayaan.  Rencana-rencana strategis tersebut telah direalisasikan persatu tahun melalui kegiatan program fakultas yang mencakup planning, organizing, staffing, leading, controling, serta operasi internal dan eksternal. Sedangkan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk pelaksanaan program di bawah kendali dan tanggungjawab unit-unit kerja terkait.

Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi FAI dilakukan oleh unit-unit kerja terkait, sesuai dengan kewenangan masing-masing dan terkoordinasi satu dengan lainnya, kegiatannya meliputi:

1.      Persiapan tahun akademik baru

             a.      Penjaringan calon mahasiswa baru;

             b.      Pendaftaran mahasiswa baru;

             c.      Seleksi calon mahasiswa baru;

             d.      Hegrestrasi mahasiswa baru dan lama;

             e.      Perencanaan penjadwalan dan plotting ruang kelas;

             f.       Menyusun jadwal perkuliahan dan pembagian tugas dosen;

             g.      Pembagian Kartu Hasil Studi (KHS);

             h.      Pelayanan kegiatan program mata kuliah atau Kartu Rencana Studi (KRS);

             i.       Menyusun daftar hadir mahasiswa dan dosen;

             j.       Menyusun jurnal perkuliahan;

             k.      Rapat Persiapan Pelaksanaan Perkuliahan.

2.      Permulaan tahun akadamik baru

             a.      Orientasi Studi Cinta Almamater (OSCAR) mahasiswa baru;

             b.      Sosialisasi rencana program studi;

             c.      Stadium general (kuliah umum dalam rangka pembukaan kegiatan awal perkuliahan);

             d.      Pengurusan mutasi mahasiswa;

             e.      Pengisian buku induk;

3.      Kegiatan perkuliahan

              a.      Intensifikasi program dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP);

              b.      Kegiatan perkuliahan;

              c.      Supervisi;

              d.      Kegiatan ekstrakurikuler;

              e.      Praktikum/ Microteaching;

              f.       Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM);

              g.      Praktek Pengalaman Lapangan (PPL);

              h.      Pelaksanaan Seminar Proposal Skripsi;

              i.       Skripsi.

4.      Evaluasi perkuliahan

             a.      Perekapan kehadiran mahasiswa;

             b.      Perekapan kehadiran dosen;

             c.      Ujian Tengah Semester (UTS) ganjil/genap;

             d.      Ujian Akhir Semester (UAS) ganjil/genap;

             e.      Penyebaran angket kinerja dosen oleh Unit Penjaminan Mutu Fakultas (UPM-F).

5.      Kegiatan penunjang

             a.      Pelaksanaan bimbingan mahasiswa;

             b.      Rapat pimpinan dan staf;

             c.      Rapat dewan dosen;

             d.      Kegiatan Hari Besar Islam;

             e.      Program hari libur;

             f.      Program ilmiah dosen;

             g.     Unit Kegiatan Mahasiswa (Olah raga dan seni, Program Kreativitas Mahasiswa dan lain-lain);

             h.      Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMA Prodi);

             i.      Pembinaan Bahasa yang terpusat di Pusat Unit Pelaksana Teknis Studi Bahasa (PSB);

             j.      Pembinaan Komputer dan Internet yang terpusat di Unit Pelaksana Teknis Pusat Studi Komputer dan Internet (Puskomnet);

             k.      Pembinaan al-Qur’an, praktek ibadah sehari-hari, kajian kitab kuning/turath, dan pembinaan shalawat yang terpusat di Unit Pelaksana Teknis Pusat Studi Qur’an (PSQ);

             l.      Pembinaan Pusat Studi Wanita (PSW) yang terpusat di Unit Pelaksana Teknis PSW Unipdu

             m.      Pembinaan praktek microteaching di Unit Pelaksana Teknis Microteacting dan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)

             n.      Pembinaan Kewirausahaan di Unit Pelaksana Teknis Kewirausahaan universitas

             o.      Studi banding kelola program studi;

             p.      Penerbitan Jurnal Religi dan Jurnal An-Natijah.

6.      Peningkatan mutu dosen

              a.      Pertemuan dosen rumpun mata kuliah;

              b.      Diklat metode pengajaran dosen;

              c.      Pelatihan dosen Vak./keahlian;

              d.      Studi lanjut S-3;

              e.      Karyawisata fungsional.

7.      Laporan

             a.      Mahasiswa baru (NIMKO/ Konversi);

             b.      Ujian Akhir Semester (UAS) ganjil/genap;

             c.      Ujian Kendali Mutu (UKM) ganjil/genap;

             d.      Evaluasi Program Studi;

             e.      Akhir tahun.

8.      Lain-lain

              a.      Pengurusan NILKO, ijazah dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI);

              b.      Yudisium;

              c.      Wisuda;

              d.      Akreditasi.